Sabtu, 15 Februari 2014

Kelebihan dan kekurangan Menyimpan Telur Di Kulkas


Kita selalu berpikir bahwa menyimpan bahan makanan dalam kulkas bisa membuat bahan makanan itu lebih awet dan terjaga kualitasnya. Padahal tidak semua bahan makanan bisa terawetkan dengan baik di dalam kulkas. Salah satunya adalah telur. Banyak orang yang berpikir bahwamengawetkan telur dalam kulkas merupakan cara yang paling tepat, namun meskipun demikian ternyata banyak juga orang yang menempatkan telur pada suhu ruangan, atau tidak menyimpannya dalam kulkas. Lalu mana cara yang terbaik untuk menyimpan danmengawetkan telur?


Sebelumnya mari kita melihat kelebihan menyimpan telur dalam kulkas, sebagaimana yang saya kutip dari Dailymail berikut ini. Yang jelas, menyimpan telur dalam kulkas membuat telur menjadi :
•    Lebih tahan lama
•    Perkembangan Bakteri Salmonela Bisa Terhambat
•    Telur Tidak Mudah Busuk
•    Telur Jadi Segar dan Siap Dimasak

Tapi perlu juga kita ketahui bahwa menyimpan telur dalam kulkas juga ternyata memiliki efek negatif diantaranya :
•    Kualitas Telur menurun karena bagian kuning dan putih tercampur
•    Suhu telur biasanya dingin dan tidak bisa langsung dipakai apalagi untuk membuat kue
•    Rasanya agak berubah dan tidak seenak telur segar

Lalu mana cara yang paling tepat untuk mengawetkan telur? 
Apakah mengawetkan telur dengan kulkas itu lebih baik daripada di luar kulkas?

Simpel saja. Jika anda ingin menggunakan telur untuk membuat kue, sebaiknya telur disimpan di luar saja dalam suhu ruangan. Menyimpan telur dalam kulkas membuat telur menjadi dingin dan sulit mengembang pada saat membuat kue bahkan bisa merusak kue yang sedang anda buat. Asalkan telur itu tidak didiamkan lebih dari seminggu.

Sedangkan jika anda menggunakan telur untuk jangka panjang, maksimal 3 minggu, misalnya untuk bikin telur goreng atau telur rebus. Kulkas akan membuat telur bisa bertahan lebih lama dan lebih awet.


Ada tips dan cara yang lain? yuk sharing di kolom komentar di bawah ini ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar