Sabtu, 15 Februari 2014

Bagaimana Cara Menggoreng Agar Minyak Tidak Meletup?

Anda suka menggoreng ikan, tahu atau daging ayam. Terkadang pada saat menggoreng, seringkali minyak goreng yang kita gunakan untuk menggoreng meletup bahkan mengenai kulit atau wajah kita. Akibatnya kita seringkali mengalami luka bakar terkenaminyak goreng panas. Lalu bagaimana cara mengatasinya agar minyak goreng tidak meletup pada saat kita menggoreng? Berikut ini tips-tips yang bisa anda gunakan.


Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Minyak Goreng
Agar minyak goreng tidak meletup, perhatikan volume minyak goreng yang digunakan saat menggoreng. Jangan sampai minyak goreng yang digunakan terlalu banyak. Pada saat minyak goreng dipanaskan, suhu yang panas akan memicu naiknya minyak goreng ke permukaan. Semakin banyak minyak goreng yang digunakan, maka semakin gampang minyak goreng itu meluap dan meletup.

Jangan Biarkan Minyak Tercampur Dengan Air
Salah satu hal yang menyebabkan letupan minyak adalah tercampurnya air dengan minyak goreng yang panas. Pada saat minyak goreng dalam keadaan dingin, air dan minyak goreng akan terpisah dengan jelas. Namun ketika dalam kondisi minyak goreng sedang panas dan mendidih, ketika terkena air maka air akan langsung menguap hingga menimbulkan letupan-letupan kecil yang bisa mengenai wajah atau kulit.

Jadi usahakan agar ahan yang anda goreng tidak terlalu banyak kadar airnya. Tapi jika bahan yang anda goreng memiliki kadar air yang tinggi, maka sebaiknya anda menutup wajan penggorengan dengan penutup tembus pandang sehingga percikan minyak goreng bisa anda hindari.

Cara lain Mengurangi letupan
Anda juga bisa mengurangi letupan minyak goreng ini dengan meneteskan perasan jeruk nipis sebelum digunakan untuk menggoreng. Saya sih belum mengerti bagaimana perasan jeruk nipis bisa mengurangi letupan minyak goreng pada saat anda menggoreng, tapi setidaknya cara ini cukup membantu.

Dengan cara-cara di atas, anda bisa lebih bebas menggoreng dan berkreasi tanpa harus terlalu khawatir terkena percikan minyak goreng panas yang bikin tangan atau wajah anda sakit. Jika anda punya tips lain untuk mengurangi letupan minyak goreng, anda juga bisa sharing di kolom komentar di bawah ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar