Sabtu, 15 Februari 2014

Bagaimana Cara Memilih Telur Yang Baik dan Segar?


Telur merupakan bahan makanan yang paling gampang diolah menjadi makanan apapun. Namun telur juga menjadi bahan yang paling sulit ditebak kualitasnya. Kita tidak bisa mengetahui dengan mudah apakah telurnya masih segar, sudah tidak segar, atau sudah busuk karena penampilan kulitnya sama, tidak berbeda. Kita juga masih bingung membedakannya apakah telurnya masih bagus, atau sudah busuk dan layak dimasak. Lalu bagaimana cara memilih telur yang baik dan segar?


Caranya, sediakan sebuah baskom atau ember, lalu isi dengan air secukupnya. Lalu benamkan beberapa telur di baskom tersebut. Kondisi telur dalam air itu akan menjelaskan kepada kita seperti apa kondisi telur yang bersangkutan.

Jika telurnya masih tenggelam dalam air dalam posisi tidur, berarti telurnya memang masih segar dan inilah telur yang ideal untuk diolah. Jika telurnya tenggelam dalam keadaan miring atau mengambang, berarti usia telur itu sudah mencapai 4 hingga 9 hari. Tapi telur seperti ini masih baik untuk dikonsumsi meskipun sudah tidak segar lagi.

Jika telur itu tenggelam dalam air dalam keadaan tegak, berarti telur itu sudah berusia lebih dari 10 hari. Telur ini masih layak dikonsumsi meskipun sudah berusia lebih dari 10 hari. Tapi jika telur itu mengapung di air dan berbau busuk, ini adalah tanda bahwa telur itu sudah rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar