Rabu, 30 April 2014

Cara menjernihkan air


Air adalah kebutuhan primer yang mutlak diperlukan oleh manusia. Sebagai sarana untuk konsumsi, mencuci, memasak, membersihkan dll. apakah jadinya jika manusia jauh dari Air?
permasalahan sekarang ini air mungkin ada namun tidak layak dipakai. karena air yang ada kurang jernih seperti air Hujan atau air yang disediakan oleh PDAM. tidak semua daerah diindonesia mempunyai air yang bersih didalam tanah, terutama daerah yang tanahnya Gambut atau Kilang Manis. Air didaerah tanah yang gambut air tampak berwarna Kecoklat-coklatan. Air gambut sangat tidak baik untuk mencuci karena mempengaruhi cucian terutama mencuci pakaian.


bagaimana cara menjernihkan air yang berwarna?

berawal dari pengalaman saya pindah rumah di daerah tanah yang berrawa atau gambut. Sumur rumah yang saya tempati sangat berwarna sekali, terkesan sangat jorok untuk dipakai mandi. hampir rutin setiap 2x sehari saya membeli air yang kami beli dari penjaja air yang selalu lewat didepan rumah. untuk membeli air yang bersih saya kalkulasikan sebulan bisa mengeluarkan dana sebesar Rp. 400 Ribu/ bulan. tidak hilang akal saya membuat saringan mini, hasilnya sangat baik. air yang dihasilkan jernih sekali tetapi menunggu waktu yang lama untuk menyaringnya, didalam hati kecil saya bertanya, " kapan mandinya?".

tanpa sengaja saya mencoba untuk mengingat kembali saran dari teman saya dulunya. Asam sitrum yang telah lama ada, saya coba menaruhkan di bak mandi saya. setelah 1/2 jam hasilnya air di bak mandi saya berubah total menjadi jernih tanpa meninggalkan dedak/ ampas air. walhasil sampai saat ini saya mengunakan asam citron ( istilah masyarakat umum ) atau Asam sitrat (istilah kimianya) untuk membersihkan dan menjernihkan air berwarna.

Asam Sitratasam citron banyak tersedia di kedai kelontong terutama yang menjual kebutuhan untuk membuat kue, karena salah satu fungsi dari asam sitrum adalah untuk membuat kue. bentuk fisik dari asam sitrum sama seperti garam halus yang dikemasa didalam plasaltik kecil. 1 buah asam sitrum kecil hanya Rp. 2000, dalam jumlah banyak jika kita membelinya harganya lebih murah. yang jelas dengan ukuran jumbo harganya lebih murah sekali.

pengunaan Asam Sitratasam citron mudah sekali, untuk ukuran air 1 drum cukup hanya meletakan asam sitrun sebesar 1 sendok makan. 1 sachet kemasan asam sitrum bisa menjernihkan air 4 drum.

Amankah Asam Sitratasam citron?
anda tidak perlu meragukan atas pengaruh terhadap kulit dan kesehatan. karena sudah dijamin oleh badan pengawas makanan internasional dan nasional. anda bisa mengakses link asam sitrit ini di http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_sitrat.

1 komentar:

  1. Sis brpa lama mandi dgn cmpuran sitrun, n ada efek sampingnya ga, makasi infonya

    BalasHapus